5 NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA. 1. INTEGRITAS. 2. PROFESIONALITAS. 3. INOVASI. 4. TANGGUNG JAWAB. 5. KETELADANAN. SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITRI 1439 H. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN .
Thursday, 25 October 2018, 05:41, oleh admin
   


     Di berbagai madrasah peringatan Hari Santri Nasional berlangsung dengan sangat meriah, tidak terkecuali juga dengan peringatan Hari Santri Nasional di MTsN 1 Kudus. Sejak pagi, seluruh siswa-siswi MTsN 1 Kudus yang juga santri dan santriwati telah datang ke Madrasah dengan mengenakan baju putih dengan sarung batik, sementara siswi mengenakan gamis.
    Dipimpin oleh Moh. Aslim, M.Pd selaku Koord. Keagamaan MTsN 1 Kudus, seluruh siswa dan guru melantunkan istighatsah secara bersama-sama. Mereka membaca Surat Al Mulk, Al Waqi’ah dan beberapa Surat penting lainnya dalam Al Qur’an. Pembacaan Al Qur’an itu diakhiri dengan do’a oleh Syamsul Hadi, S.Pd.I.
    Ka. MTsN 1 Kudus, H. M. Taufik Hidayat, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan pidato dari Menteri Agama RI, Lukman Hakim. Dalam pidatonya Menag RI mengajak kepada seluruh santri di Indonesia untuk selalu mengenang Hari Santri yang tidak lain lahir dari Resolusi Jihad KH. Hasyim Asy’ari setelah datangnya sekutu pada tahun 46 di Surabaya untuk menyerang Surabaya dan menghancurkannya.
    Dengan datangnya Resolusi Jihad itu, seluruh santri termasuk arek-arek Surabaya ikut turun melawan 12 ribu pasukan Sekutu dan diboncengi oleh Belanda. Puncak dari pertempuran itu Pemimpin Belanda mati tertembak.
    Disinilah terlihat jelas peran santri dalam kemerdekaan nasional. Wujud dari cinta tanah air akan selalu berkobar di dalam jiwa santri kapanpun dan dimanapun berada. Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan memakan nasi tumpeng perkelas. Nasi tumpeng juga melambangkan persatuan antar santri. Acara dilanjutkan dengan lomba pidato dan shalawat. (FR)

Tags :

Komentar

*
*
*